Sabtu, 29 Mei 2021

Koneksi Antar Materi - - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, ini adalah fase terakhir sebelum fase eksekusi atau Aksi Nyata. Fase ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, kita ditantang untuk menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP sendiri sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini dan materi lain yang relevan di luar modul ini demi menjadi seorang Guru yang memahami serta menjalankan  nilai dan peran Guru Penggerak. Ayo simak penjelasannya!

Nilai - Nilai Guru Pengerak

Nilai Guru Penggerak terdiri 5 bagian, yaitu :

  1. Mandiri : Guru Penggerak mampu senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta menggambil tanggung jawab.
  2. Reflektif : Guru Penggerak mampu senantiasa merefleksikan dan memaknai pengetahuan.
  3. Kolaboratif : Guru Penggerak mampu senantiasa membangun hunungan kerja yang positif dengan pemangku kepentingan pendidikan.
  4. Inovatif : Guru penggerak mampu memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu.
  5. Berpihak Pada Murid : Guru penggerak mengutamakan kepentingan perkembangan murid.

Peran Guru Penggerak

Adapun peran Guru Penggerak juga dibagi menjadi 5 bagian, yang terdiri :
  1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran : Guru Penggerak mendorong wellbeing ekosistem pendidikan sekolah berperan sebagai pemimpin yang berorientasi pada murid.
  2. Menggerakkan Komunitas Praktisi : Guru Penggerak berpartisipasi sktif dalam membuat komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan wilayahnya.
  3. Menjadi Coach Bagi Guru Lain : Guru Penggerak mampu mendekteksi aspek-aspek yang bisa ditingkatkan dari rekan sejawatnya.
  4. Mendorong Kolaborasi Antara Guru : Guru Penggerak membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid : Guru Penggerak membantu para murid untuk mandiri dan memunculkan motivasi murid dalam belajar serta mendidik karakter peserta didik. 

Keterkaitan Nilai dan Peran Guru Penggerak - Filosofi Ki Hadjar Dewantara

Dalam hal ini, sungguhlah sangat saling berkaitan erat antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara. Untuk memudahkan memahaminya, maka mari simak rinciannya :

Filosofi Ki Hadjar Dewantara - Menuntun


Filosofi Ki Hadjar Dewantara dalam proses menuntun anak perlu diberikan kebebasan dalam belajar serta berpikir yang dituntun oleh pendidik agar anak tidak kehilangan arah dan juga membahayakan dirinya.

Merdeka Belajar


Semangat agar anak bisa bebas belajar dan berpikir agar mencapai keselamatan dan kebahagian berdasarkan ke susilaan manusia ini menjadi tema besar kebijakan pendidikan Indonesia saat ini adalah merdeka belajar.

Profil Pelajar Pancasila


Semangat merdeka belajar memperkuat tujuan pendidikan nasional UU RI No. 20 tahun 2003 sisdiknas pasal 3 sehingga memunculkan pedoman sebagai penunjuk arah yang konsisten dalam pendidikan Indonesia yaitu Profil Pelajar Pancasila (Kemendikbud, 2020).

Program Guru Penggerak


Untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dibutuhkan pendidik yang mempuni dalam menjadi teladan dan mampu menciptakan perubahan melalui Program Guru Penggerak yang berfokus pada pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada segenap murid di Indonesia.

Nilai Guru Penggerak


Nilai - nilai dan pola pikir sebagai penuntun atau pamong ini bisa berkembang jika sebagai Guru Penggerak mengaktifkan otak luhurnya agar berpikir strategis dan kreatif dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak.

Peran Guru Penggerak


Peran Guru Penggerak agar menggerakkan diri dan lingkungan sekolah agar terwujujudnya sekolah yang bepihak pada murid. Nilai - nilai Guru Penggerak yang akan mendukung peran Guru Penggerak serta untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Refleksi, Strategi, dan Pihak Terlibat

Peran Guru Penggerak yaitu menggrakkan diri dan lingkungan sekolah agar mewujudkan sekolah yang berpihak pada murid, sedang Nilai-Nilai Guru Penggerak yaitu akan mendukung peran Guru Penggerak serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

4 Kategori Kompetensi Dimiliki Guru Penggerak

  • Mengembangkan diri dan orang lain
  • Memimpin pembelajaran
  • Memimpin manajemen sekolah
  • memimpin pengembangan sekolah

Nilai Diri Saya Bahwa 

  • Guru sesungguhnya memiliki kesempatan untuk menjadi teladan bagi muridnya
  • Guru dengan karakter yang baik melestarikan nilai-nilai kebaikan di tengah masyarakat melalui siswa-siswi mereka.
  • Guru harus lebih dulu sadar bagaimana dirinya tergerak kemudian memilih untuk bergerak dan akhirnya menggerakkan manusia lainnya.

Profil Pelajar Pancasila

  • Pedoman untuk pendidikan Indonesia
  • Pegangan untuk para pendidik membangun karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil
  • Pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Strategi

  • Selalu berbagi praktik baik pembelajaran terkait dengan nilai dan peran Guru Penggerak baik di sekolah maupun di KKG
  • Selalu berkomunikasi dengan rekan sejawat dan pemangku kepentingan terkait nilai dan peran Guru penggerak
  • Selalu melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru yang baik dengan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid di kelas
  • Selalu mengembangkan diri dan rekan sejawat dalam hal apapun terutama dalam peningkatan siswa-siswi.

Pihak Yang Terlibat

  • Kepala Sekolah
  • Rekan Sejawat
  • Orang Tua
  • Peserta Didik
  • Komunitas Masyarakat
  • Komunitas KKG
  • Organisasi Profesi
  • Dinas Pendidikan
  • Kemendikud RI
Ini adalah bagian dari tugas Laman LMS modul 1.2.a.9. semua paparan dalam blog ini adalah gambar dari sudut pandang penulis.

1 komentar:

  1. Semangat Adik Yanti...untuk menggerakkan semua komunitas yang ada di daerah adik selagi masih di usia muda...

    BalasHapus