Sabtu, 05 Juni 2021

AKSI NYATA 1.1 CGP ANGKATAN 2

MENUANGKAN PENGALAMAN AKSI NYATA CGP ANGKATAN 2


Salam Guru Penggerak !!!
Guru Penggerak Indonesia Merdeka.
Saya Yanti Restiawati,SE calon Guru Penggerak Angkatan 2 Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Saya akan menuangkan perasaan dan pengalaman saya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak serta aksi nyata yang saya lakukan setelah mempelajari satu modul dalam dua bulan ini.

Perasaan Saya :

Saat terpilih menjadi salah satu calon guru penggerak, saya sangat bahagia sekali. Yang saat itu saya pikirkan bagaimana saya akan tekun belajar pada Pendidikan Guru Penggerak ini, agar saya bisa menularkan kembali kepada rekan sejawat dan bahkan mengimbaskan ke seluruh Kecamatan Muara Badak.

Ternyata setelah mempelajari modul pertama, saya diajarkan tentang arti MERRDEKA, dimana semua sangat berpihak kepada murid. Setelah itu, saya coba berpikir-pikir. Aksi apa yang sangat cocok saya terapkan di kelas saya agar Filosofi Ki Hadjar Dewantara untuk menjadikan Profil Pelajar Pancasila.


Penerapan di Kelas :

Untuk penerapan Pendidikan Guru Penggerak yang saya pelajari, saat ini saya menggunakan model pembelajaran belajar sambil bermain tujuannya untuk memerdekakan para peserta didik yang seyogyanya masih senang bermain. Dimana saya sendiri mengajar di kelas awal yaitu kelas 2 SD. Suatu kebanggan saat anak-anak sangat menikmati pembelajaran yag saya terapkan. Berikut contoh pembelajaran yang saya terapkan :

Kegiatan Pembelajaran di waktu Luring


Tanggapan Kepala Sekolah Tentang Aksi Nyata Saya


Tanggapan Wali Murid Tentang Aksi Nyata Saya


Itulah kisah saya dalam menjalankan aksi nyata yang memperlajari modul 1 selama 2 bulan ini. Semoga kisah saya menginspirasi kawan sejawat se Indonesia.
Terimakasih!












6 komentar:

  1. Semoga ilmu yang diperoleh saat mengikuti Program CGP ini dapat bermanfaat untuk peserta didik dan kami khususnya rekan sejawat di SDN 001 Muara Badak juga seluruh sekolah di Kec.Muara Badak. Semangaaat bu Yanti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, InsyaAllah akan diimbaskan ke rekan sejawat tidak hanya di SDN 001 Muara Badak. Tetapi semua Sekolah di Muara Badak

      Hapus
  2. Saya selaku kepala sekolah temoat Bu Yanti mengajar sangat bersyukur mempunyai guru yg ikut dalam program guru penggerak.Dengan kegiatan yg di ikuti terus sebut, kami di SDN 001 mempunyai. Guru yg Insya Allah ilmunya dapat di tularkan ke guru yg lain.umtuk perataan dalam kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar dan pengelolaan kelas yg menjadi tanggung jawab guru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat berterimakasih sebesar-besarnya atas dukungan pak kepsek atas semua kegiatan yang saya lakukan terutama pada penempuhan Pendidikan Guru Penggerak ini, yang akan menyita waktu hingga 9 bulan kedepan. InsyaAllah akan menjadi bekal saya untuk membantu pak kepsek dalam pemilihan model pembelajaran yang menarik tetapi tetap mengedepankan merdeka belajar murid.

      Hapus
  3. Saya selaku teman sejawat di SD 001 Muara Badak sangat bangga dan bersyukur mempunyai teman yg ikut guru penggerak & saya yakin kedepannya ilmu yang diperoleh dari dari CGP ini akan sangat bermanfaat buat kami sebagai teman sejawat. Semangat terus Bu Yanti kami sll mendukungmu

    BalasHapus
  4. Terimakasih kaa,selalu mendukung. Kk terbaikku di sekolah.

    BalasHapus